KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa dengan rahmatNyalah kita bisa melaksanakan acara seminar dalam rangka kemajuan pendidikan khususnya di Kab.Pacitan .
Acara ini dianggap penting karena pendidikan yang selama ini masih banyak mementingkan tentang bagaimana bisa meningkatkan kecerdasan otak tanpa memikirkan bagaimana cara mencerdaskan watak yang tidak kalah pentingnya dalam era kehidupan sekarang ini
Kegitan ini tentunya bisa memberikan wacana tersendiri tentunya kepada para pendidik yang notabene dituntut menjadi tenaga kependidikan yang professional.
Kegiatan ini bisa terlaksana karena adanya dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan,Semua UPT se Kab. Pacitan, PGRI Kabupaten Pacitan dan semua pengurus PGRI Cabang se Kab.Pacitan serta peran aktif semua anggota PGRI Kab.Pacitan.
Oleh karena itu terima kasih kami sampaikan kepada semua fihak yang telah membantu terhadap pelaksanaan acara ini.
Kritik dan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaan kegiatan selanjutnya
Semoga Tuhan senantiasa memberikan hidayah dan perlindungan kepada kita semua Amiin..
Pacitan, 20 Pebruari 2011
Ketua Penyelenggara
Drs. SUTOMO
NPA.13020110888
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam era sekarang ini kemajuan pendidikan hanya dinilai dari tingkat intelegensi/kecerdasan otak belaka tanpa diimbangi dengan tingkat kemajuan pada nilai-nilai sosial kemasyarakatan serta kebersamaan sehingga pendidikan terasa hambar
Selama ini dirasakan, proses pendidikan ternyata belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Bahkan, banyak yang menyebut, pendidikan telah gagal membangun karakter. Banyak lulusan sekolah dan sarjana yang piawai dalam menjawab soal ujian, berotak cerdas, tetapi mentalnya lemah, penakut, dan perilakunya tidak terpuji. Bahkan, bisa dikatakan, dunia Pendidikan di Indonesia kini sedang memasuki masa-masa yang sangat pelik. Kucuran anggaran pendidikan yang sangat besar disertai berbagai program terobosan sepertinya belum mampu memecahkan persoalan mendasar dalam dunia pendidikan, yakni bagaimana mencetak alumni pendidikan yang unggul, yang beriman, bertaqwa, profesional, dan berkarakter. Dalam bukunya, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (2010), Doni Koesoema Albertus menulis, bahwa pendidikan karakter bertujuan membentuk setiap pribadi menjadi insan yang berkeutamaan. Dalam pendidikan karakter, yang terutama dinilai adalah perilaku, bukan pemahamannya
Oleh karena itu Pendidikan berkarakter sudah seharusnya kita tanamkan kepada semua genearsi bangsa sejak dini agar tercapai generasi yang cerdas otak dan cerdas berwatak , pendidikan yang unggul,beriman,bertaqwa,professional dan berkarakter.
Oleh karena itu Pendidikan berkarakter sudah seharusnya kita tanamkan kepada semua genearsi bangsa sejak dini agar tercapai generasi yang cerdas otak dan cerdas berwatak , pendidikan yang unggul,beriman,bertaqwa,professional dan berkarakter.
A. DASAR HUKUM
1. Undang-Undang Dasar1945Amandemen
2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional
3. Peraturan Pemerintah Nomor19Tahun 2005Tentang StandarNasional Pendidikan
4. Permendiknas No 39Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan
5. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
6. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang StandarKompetensi Lulusan
7. Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional 2010-2014
8. Renstra Kemendiknas Tahun 2010-2014
9. Renstra Direktorat Pembinaan SM Tahun 2010 – 2014
10. Surat ijin dari Dinas Pendidikan Kab.Pacitan Nomor:800/472/408.37.06/2011
B. TUJUAN
Melalui Kegiatan seminar PGRI tentang peningkatan kualitas pendidikan melalui pendidikan berkarakter;
1. Pendidik akan faham betul betapa pentingnya pendidikan berkarakter terhadap generasi penerus bangsa.
2. Guru yang mengikuti kegiatan ini harapannya bisa mengimbaskan pada teman sejawat juga kepada anak didik.
3. Diharapkan semua pendidik dan anak didik mengerti betul apa itu pendidikan berkarakter.
4. Menciptakan siswa menuju ke arah pendidikan watak disamping kecerdasan otak.
5. Ada keseimbangan antara kecerdasan intelegensi dengan perilaku yang sesuai dengan norma agama, sopan santun, hukum.
6. Terciptanya masyarakat toleran diantara sesama, satu kelompok, dengan kelompok lain dan dengan pemerintah dimanapun berada.
7. Lebih bisa mementingkan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi.
8. Anak akan memahami dan melaksanakan tujuan pendidikan sesuai dengan harapan pada pembukaan UUD 1945
C. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu : Hari Minggu, 20 Pebruari 2011
Tempat : gedung SMK PGRI Pacitan
D. NARA SUMBER
Nara sember : Prof.Dr. HARSONO
E. MODERATOR
Moderator : Khusnul Qomarudin,SPd,MPd.
F. MATERI KEGIATAN
Materi : Pemaparan “peningkatan kualitas pendidikan melalui pendidikan berkarakter”
Pembuatan PTK dan PTS
G. JADWAL KEGIATAN
Jadwal Kegiatan PGRI seminar tentang “Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Pendidikan Berkarakter” Pada hari Minggu, 20 Pebruari 2011 di SMK PGRI Pacitan.
NO | WAKTU WIB | KEGIATAN | KETERANGAN |
1. | 07.00-07.30 | Absensi Peserta | Petugas |
2. | 08.00-09.00 | Pembukaan | Panitia |
3. | 09.05- 09.10 | submission of profile informant | Moderator |
4. | 09.10- 10.30 | presentation materials | Nara Sumber |
5. | 10.30-11.15 | FAQs | Peserta & Nara Sumber |
6. | 11.15- 12.20 | PTK & PTS | Nara Sumber |
7. | 12.20-13.00 | FAQs | Peserta & Nara Sumber |
8. | 13.00-13.05 | consolidating | Nara Sumber |
9. | 13.05- 13.10 | Penutupan | Panitia |
H. METODE PELAKSANAAN
Metode yang digunakan
- Informasi
- Tanya jawab
I. HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Penyelenggaraan Seminar ini diharapkan bisa berjalan lancar dan tertib sesuai dengan perencanaan
2. Peserta akan memahami betapa pentingnya pendidikan berkarkter pada era sekarang ini
3. Dengan adanya kegiatan ini pendidik akan menguasai materi dan mengimplementasikan kepada anak didik.
J. PANITIA
Kepanitiaan pelaksanaan acara ini adalah anggota PGRI di Kabupaten Pacitan
K. TUGAS PANITIA
1. Mempersiapkan kelengkapan administrasi
2. Memberikan pelayanan administrasi
3. Menyiapkan ruangan dan kelengkapannya
L. TATA TERTIB PESERTA
1. Setiap peserta yang datang wajib mengisi daftar hadir sesuai dengan tingkatan sekolah
2. Mengisi biodata bagi yang belum
3. Mengikuti semua kegiatan acara seminar
4. Tidak meninggalkan tempat kegiatan kecuali mendesak/ sangat penting dan telah mendapat ijin dari panitia.
5. Ikut menjaga ketertiban
M. PENUTUP
Dalam kegiatan ini dimaksudkan bisa membuka wawasan baru bagi para pendidik dan bisa mengimplementasikan kepada anak didik di sekolah masing-masing.
Semoga kegiatan ini banyak bermanfaat Amiin.
Ada kurang dan lebihnya dari panitia mohon kiranya untuk dimaafkan.
Kritik dan saran kami harapkan untuk eksistensi dan kemajuan PGRI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar